Senin, 19 Juli 2010

a. Gelombang Transversal
gambar:gelombang transversal2.jpg


Gelombang transversal Adalah gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus dengan arah getarnya. Contoh gelombang transversal adalah gelombang pada tali. Arah getar gelombang adalah vertikal, sedangkan arah rambatnva horizontal sehingga arah getar dan arah rambatnva satins

Rumus dari kedua gelombang tersebut diantaranya adalah:

V= λ f V= λ/T

'

Keterangan:
T = periode gelombang
V = cepat rambat gelombang (m/s)
λ= panjang gelombang (m)
f = frekuensi gelombang (Hz)


Contoh Soal:

Jarak antara puncak dan lembah terdekat adalah 80 cm. Bila dalam 10 detik terdapat 60 gelombang yang melewati suatu titik, berapakah cepat rambat gelombang tersebut?

Pembahasan:

Gelombang yang memiliki puncak dan lembah adalah gelombang transversal.Dari gambar dibawah ini terlihat bahwa ½ λ = 80 cm , sehingga λ = 160 cn. Dalam 10 s terjadi 60 gelombang.
f = 60/(10 ) gelombang / s
f = 6 Hz
V = λ f
= 160 X 6 = 960 cm/s
= 9,6 m/s
Jadi cepat rambat gelombang tersebut adalah 9,6 m/s
gambar:contoh  soal.jpg

A. Pengertian Gelombang :

Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menhitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal). Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik.

B. Jenis-Jenis Gelombang :

1. Gelombang Transversal

Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah rambatannya. Satu gelombang terdiri atas satu lembah dan satu bukit, misalnya seperti riak gelombang air, benang yang digetarkan, dsb.

Gelombang Transversal

Suatu gelombang dapat dikelompokkan menjadi gelombang trasnversal jika partikel-partikel mediumnya bergetar ke atas dan ke bawah dalam arah tegak lurus terhadap gerak gelombang. Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali. Ketika kita menggerakan tali naik turun, tampak bahwa tali bergerak naik turun dalam arah tegak lurus dengan arah gerak gelombang. Bentuk gelombang transversal tampak seperti gambar di bawah.

Berdasarkan gambar di atas, tampak bahwa gelombang merambat ke kanan pada bidang horisontal, sedangkan arah getaran naik-turun pada bidang vertikal. Garis putus-putus yang digambarkan di tengah sepanjang arah rambat gelombang menyatakan posisi setimbang medium (misalnya tali atau air). Titik tertinggi gelombang disebut puncak sedangkan titik terendah disebut lembah. Amplitudo adalah ketinggian maksimum puncak atau kedalaman maksimum lembah, diukur dari posisi setimbang. Jarak dari dua titik yang sama dan berurutan pada gelombang disebut panjang gelombang (disebut lambda – huruf yunani). Panjang gelombang juga bisa juga dianggap sebagai jarak dari puncak ke puncak atau jarak dari lembah ke lembah.

Gelombang adalah getaran yang merambat. Di dalam perambatannya tidak diikuti oleh berpindahnya partikel-partikel perantaranya. Pada hakekatnya gelombang merupakan rambatan energi (energi getaran)

Macam gelombang
Menurut arah getarnya :
- gelombang transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus terhadap arah rambatannya. Contoh: gelombang pada tali , gelombang permukaan air, gelobang cahaya, dll.jadi, gelombang permukaan air termasuk gelombang transversal, karena arah getaran gelombang tersebut tegak lurus terhadap arah rambatannya...
Sebuah gelombang transversal adalah bergerak gelombang yang terdiri dari osilasi terjadi tegak lurus terhadap arah perpindahan energi. If a transverse wave is moving in the positive x -direction, its oscillations are in up and down directions that lie in the y–z plane. Jika gelombang transversal bergerak dalam arah x positif, osilasi yang berada di atas dan ke bawah arah yang terletak pada bidang z-y.

If you anchor one end of a ribbon or string and hold the other end in your hand, you can create transverse waves by moving your hand up-and-down. Jika Anda jangkar salah satu ujung pita atau string terus ujung lainnya di tangan Anda, Anda dapat membuat gelombang transversal dengan menggerakkan tangan Anda naik-turun. Notice though, that you can also launch waves by moving your hand side-to-side. Perhatikan juga, bahwa Anda juga dapat memulai gelombang dengan menggerakkan tangan Anda ke sisi-sisi. This is an important point. Ini adalah poin penting. There are two independent directions in which wave motion can occur. Ada dua arah independen di mana gerakan gelombang dapat terjadi. In this case, these are the y and z directions mentioned above. Dalam hal ini, ini adalah y dan z arah yang disebutkan di atas. Further, if you carefully move your hand in a clockwise circle, you will launch waves that describe a left-handed helix as they propagate away. Selanjutnya, jika Anda hati-hati menggerakkan tangan Anda dalam lingkaran searah jarum jam, Anda akan memulai gelombang yang menggambarkan heliks kidal saat mereka menyebarkan pergi. Similarly, if you move your hand in a counter-clockwise circle, a right-handed helix will form. Demikian pula, jika Anda menggerakkan tangan Anda dalam lingkaran berlawanan arah jarum jam, sebuah heliks tangan kanan akan membentuk. These phenomena of simultaneous motion in two directions go beyond the kinds of waves you can create on the surface of water; in general a wave on a string can be two-dimensional . Fenomena ini gerakan simultan dalam dua arah melampaui jenis gelombang Anda dapat membuat di permukaan air, secara umum gelombang pada tali dapat dua-dimensi. Two-dimensional transverse waves exhibit a phenomenon called polarization . melintang dimensi gelombang-Two memperlihatkan fenomena yang disebut polarisasi . A wave produced by moving your hand in a line, up and down for instance, is a linearly polarized wave, a special case. Gelombang yang dihasilkan dengan menggerakkan tangan Anda dalam satu baris, atas dan bawah misalnya, adalah terpolarisasi linier gelombang, kasus khusus. A wave produced by moving your hand in a circle is a circularly polarized wave, another special case. Gelombang yang dihasilkan dengan menggerakkan tangan Anda dalam lingkaran adalah terpolarisasi sirkular gelombang, satu kasus khusus. If your motion is not strictly in a line or a circle your hand will describe an ellipse and the wave will be elliptically polarized . Jika gerak Anda tidak ketat di garis atau lingkaran tangan Anda akan menggambarkan sebuah elips dan gelombang akan elliptically terpolarisasi .

Electromagnetic waves behave in this same way, although it is harder to see. gelombang elektromagnetik berperilaku dalam cara yang sama, meskipun lebih sulit untuk melihat. Electromagnetic waves are also two-dimensional transverse waves. gelombang elektromagnetik juga gelombang melintang dua-dimensi.

Ray theory does not describe phenomena such as interference and diffraction, which require wave theory (involving the phase of the wave). teori Ray tidak menggambarkan fenomena seperti interferensi dan difraksi, yang membutuhkan teori gelombang (melibatkan fase gelombang). You can think of a ray of light , in optics ,as an idealized narrow beam of electromagnetic radiation. Anda dapat memikirkan suatu sinar cahaya , di optik , sebagai berkas sempit ideal dari radiasi elektromagnetik. Rays are used to model the propagation of light through an optical system, by dividing the real light field up into discrete rays that can be computationally propagated through the system by the techniques of ray tracing . [ 1 ] A light ray is a line or curve that is perpendicular to the light's wavefronts (and is therefore collinear with the wave vector). Sinar digunakan untuk memodelkan propagasi dari cahaya melalui sistem optik, dengan membagi medan cahaya ke dalam sinar nyata diskrit yang dapat komputasi disebarkan melalui sistem dengan teknik ray tracing . [1] Sebuah sinar cahaya adalah sebuah garis atau kurva yang tegak lurus terhadap muka gelombang cahaya (dan karenanya kesegarisan dengan vektor gelombang). Light rays bend at the interface between two dissimilar media and may be curved in a medium in which the refractive index changes. Cahaya sinar tikungan pada antarmuka antara dua media yang berbeda dan dapat melengkung ke dalam suatu media dimana perubahan indeks bias. Geometric optics describes how rays propagate through an optical system. [ 1 ] optik geometrik menjelaskan bagaimana sinar merambat melalui sistem optik. [1]

This two-dimensional nature should not be confused with the two components of an electromagnetic wave, the electric and magnetic field components, which are shown in the electromagnetic wave diagram here. Ini dua-dimensi alam tidak harus bingung dengan dua komponen dari gelombang elektromagnetik, komponen medan listrik dan magnetik, yang ditunjukkan pada diagram gelombang elektromagnetik di sini. The light wave diagram shows linear polarization . Diagram gelombang cahaya menunjukkan polarisasi linier . Each of these fields, the electric and the magnetic, exhibits two-dimensional transverse wave behavior, just like the waves on a string. Masing-masing bidang tersebut, dan listrik, magnetik memperlihatkan perilaku gelombang dua dimensi transversal, seperti gelombang pada tali.

The transverse plane wave animation shown is also an example of linear polarization . Animasi gelombang transversal pesawat yang ditampilkan adalah juga merupakan contoh polarisasi linier . The wave shown could occur on a water surface. Gelombang ditampilkan bisa terjadi pada permukaan air.

Transverse waves are waves that are moving perpendicular to the direction of vibration. gelombang transversal adalah gelombang yang bergerak tegak lurus terhadap arah getaran.


Contoh gelombang transversal termasuk seismik S (sekunder) gelombang , dan gerak listrik (E) dan medan magnet (M) Bidang dalam elektromagnetik gelombang bidang , yang keduanya berosilasi saling tegak lurus serta arah perpindahan energi. Therefore an electromagnetic wave consists of two transverse waves, visible light being an example of an electromagnetic wave. Oleh karena itu gelombang elektromagnetik terdiri dari dua gelombang transversal, cahaya tampak sebagai sebuah contoh dari gelombang elektromagnetik. See electromagnetic spectrum for information on different types of electromagnetic waves . Lihat elektromagnetik spektrum untuk informasi tentang berbagai jenis gelombang elektromagnetik .

An oscillating string is another example of a transverse wave; a more everyday example would be an audience wave . Sebuah string berosilasi adalah contoh lain dari gelombang transversal, sebuah contoh yang lebih sehari-hari akan menjadi gelombang penonton .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar